Kunjungi online shop kami di link ini ------->

   
     Tel 0821-6966-9966
Tap To Call

Info Produk   arrow

Epic_Landscape_flat-face

Apakah Kunci Pintu Digital?

Kunci pintu digital adalah kunci pintu yang dioperasikan secara elektronik dan aksesnya dapat dilakukan dengan menggunakan PIN, RFID, remote control, biometrik, dan beberapa tipe kunci pintu digital tetap memiliki kunci mekanik untuk kondisi darurat. Dari segi keamanan, kunci pintu digital memiliki beberapa keunggulan diantaranya:

  • Pick proof: kunci tidak bisa dibuka paksa dengan peralatan lockpick maupun dihancurkan. Pada tipe tertentu, terdapat sensor pada tombol open di unit dalam yang memastikan jari manusia yang menekan tombol bukan benda mati. Hal ini bisa mencegah membuka kunci pintu dari luar dengan cara memancing tombol open menggunakan kawat atau sejenisnya.
  • Alarm: Alarm akan bunyi jika beberapa kondisi terjadi pada alatnya, diantaranya: salah akses, buka paksa, perusakan, dan kebakaran.
  • Kunci otomatis: Pintu akan langsung terkunci begitu ditutup, hal ini bisa mencegah lupa mengunci pintu saat pergi meninggalkan rumah atau kembali setelah bepergian.
  • Kendali akses: Untuk membuka pintu, diperlukan identifikasi elektronik yang sangat aman baik itu RFID maupun biometrik yang harus didaftarkan oleh pemilik property.

Selain fitur keamanan yang lebih unggul, kunci pintu digital memiliki design yang sederhana sehingga dapat menambah keindahan pintu rumah Anda. Semua kunci pintu digital terdiri dari dua bagian:

  1. Outdoor unit adalah bagian yang terletak di luar rumah (luar ruangan) dan terdapat panel akses dipermukaannya. Umumnya terbuat dari reinforce fiber glass. Semua kunci pintu digital yang kami miliki terdapat papan input numerik untuk memasukkan PIN dan aktifasi fungsi-fungsi lainnya.watt-front-small
  2. Indoor unit tampilannya lebih sederhana dan biasanya kontrol alat terdapat disini. Batery untuk menghidupkan kunci pintu juga dipasang di dalam unit ini. Watt-indoor

Kunci pintu digital dengan gagang, memiliki mortise yang harus ditanam ke dalam daun pintu seperti kunci mekanik biasa. Berhubung ukuran mortise-nya lebih kecil dari kunci mekanikal yang ada di Indonesia, maka sebaiknya kunci pintu digital dengan gagang dipasangkan pada pintu baru.

Watt-Mortise

Mortise

Model Design Kunci Pintu Digital

Terdapat dua tipe desain kunci pintu digital yang dapat anda pilih:

EPIC1

Tipe tanpa gagang

  1. Tipe tanpa gagang: Keunggulan tipe ini adalah mudah dipasang dan dapat digunakan sebagai kunci tambahan dari kunci mekanikal yang telah ada.

    watt-front-small

    Tipe dengan gagang

  2. Tipe dengan gagang: Tipe ini dirancang untuk menggantikan kunci pintu mekanis yang ada gagangnya. Baiknya dipasang pada pintu baru karena ukuran mortisnya lebih kecil dari mortis mekanik.

Pilihan Metode Akses

Kunci pintu digital memiliki beberapa metode akses elektronik (atau yang disebut dengan kunci elektronik) serta pada beberapa model ada yang menggunakan kunci mekanik. Berikut adalah metode akses kunci pintu digital:

  • PIN: Semua model kunci pintu digital memiliki akses dengan PIN, hal ini bertujuan untuk membuat kondisi aman jika kunci di set pada mode mengunci otomatis. Tak perlu khawatir kartu RFID tertinggal di dalam rumah, cukup masukkan PIN dan pintu pun bisa dibuka kembali.

    Keytag

    RFID keytag

  • RFID: Radio Frequency Identification merupakan perangkat identitas elektronik yang sangat aman dan sudah umum kita gunakan. Setiap model yang support RFID akan disediakan RFID berbentuk key tag, smart tag, maupun kartu, namun tidak terbatas pada itu saja untuk masuk ke rumah. Berbagai kartu RFID bisa didaftarkan ke perangkat kunci pintu digital Anda sebagai kunci rumah seperti: kartu badge, dan lainnya.
  • NFC: Near Field Communication adalah metode komunikasi antar piranti Smartphone dimana mereka harus bersentuhan agar pertukaran data dapat terjadi. Standar dari NFC adalah ISO14443 yang berdasarkan pada metode RFID. Beberapa Smartphone memiliki NFC yang compatible dengan kunci pintu digital.

Remote control

  • Remote control: Beberapa model kunci pintu digital memiliki opsi akses dengan remote control. Biasanya remote ini hanya digunakan di dalam rumah sehingga kita tidak perlu mendekati pintu untuk membuka kunci pintunya.
  • Biometrik: Akses biometrik sidik jari dimiliki oleh beberapa model yang high-end. Metode akses ini benar-benar aman karena sudah pasti hanya mereka yang terdaftar saja yang bisa akses.

    mech-key

    Kunci mekanik

  • Kunci mekanik: Beberapa model memiliki fitur kunci mekanik untuk membuka pintu dalam keadaan darurat seperti lupa PIN atau habis batery.

Untuk keamanan ekstra, metode dual access dapat diaktifkan sehingga untuk akses ke rumah harus menggunakan dua kunci elektronik: RFID dan PIN atau sidik jari dan PIN untuk model tertentu. Hal ini bisa meningkatkan keamanan namun sangat tidak disarankan untuk dipasang di rumah.

Random Number

Karena kunci pintu digital dengan panel sentuh memiliki permukaan yang glossy, maka bekas jari kita akan sangat mudah terlihat setelah kita memasukkan PIN untuk membuka pintu. Ini bisa menjadi kelemahan bagi kunci pintu digital karena rentan untuk di-retrace (lacak ulang). Namun demikian, hal ini bisa diatasi dengan menggunakan berbagai metode random number sebelum atau setelah memasukkan PIN. Berikut contoh produknya:

random_number_triple

  1. Milre Triple: Fitur unik Milre Triple adalah posisi angka yang teracak pada panel sentuhnya. Ini merupakan keunggulan yang sangat penting jika Anda lebih sering mengakses pintu dengan PIN daripada metode lainnya.
  2. Epic Touch 2 Way: Pada produk ini, setelah kita memasukkan PIN yang benar akan ada 3 angka berurut yang menyala. Anda diminta menekan atau swipe tiga angka ini untuk menyamarkan bekas sidik jari Anda.
  3. Epic ES-809L: Penyamaran PIN trace pada produk ini adalah menggunakan metode yang disebut dengan fake PIN. Anda bisa memasukkan sebanyak-banyaknya angka dan diikuti oleh PIN yang benar atau sebaliknya, masukkan PIN yang benar di awal dan diikuti oleh PIN palsu sebelum diakhiri dengan menekan bintang [*].

Dengan cara ini, kunci pintu akan dipenuhi oleh sidik jari sehingga sulit bagi penyusup untuk menjejak ulang PIN dari bekas sentuhan jari Anda.

Apakah RFID?

RFID atau Radio Frequency Identification adalah metode pengenalan elektronik tanpa sentuhan. Identitas pemegang perangkat RFID tersimpan pada chip yang ditaman di kartu, key tag, atau perangkat RFID lainnya. Tidak seperti kartu magnetis yang harus bersentuhan dengan head pembaca, sensor RFID tidak akan mengalami keausan karena memang tidak pernah bersentuhan langsung. Standar yang digunakan untuk RFID sebagai identitas adalah Mifare atau ISO 14443 dengan frekuensi 13.56MHz. Kartu RFID sangat mudah ditemukan dan harganya cukup murah. Mulai dari badge perusahaan Anda, kartu kredit, kartu toll, hingga gantungan kunci atau liontin ada yang memiliki chip RFID didalamnya. Semuanya (jika kompatibel dengan Mifare 13.56MHz) bisa Anda daftarkan pada kunci pintu digital yang bisa baca RFID dan jadikan benda itu kunci rumah anda.

Tidak hanya terbatas pada benda pasif dengan chip RFID, piranti telepon genggam pun sekarang dilengkapi dengan NFC atau near field communication. NFC merupakan bentuk komunikasi jarak sangat dekat antar telepon genggam yang kompatibel dengan menggunakan standar RFID. Dengan demikian, Anda bisa masuk ke dalam rumah hanya dengan melekatkan telepon genggam ke kunci pintu digital Anda! Walaupun kedengarannya seperti sesuatu yang ada di masa depan, Anda bisa mendapatkannya sekarang. Namun perlu diketahui bahwa NFC tidak hanya satu standar, sehingga beda Smartphone kemungkinan beda pula tipe NFC-nya. Variasi inilah yang menyebabkan kami tidak mengutamakan fitur NFC sebagai metode akses. Segera hubungi kami untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut!

Bagaimana jika saya kehilangan kunci saya?

Kehilangan kunci rumah memang mencemaskan, apalagi jika kehilangannya lengkap dengan kartu identitas kita. Jika kunci rumah kita adalah kunci elektronik maka dalam situasi krisis seperti ini, segera hapus memory dikunci digital Anda dengan satu sentuhan tombol dan daftarkan kembali identitas (RFID) yang masih ada. Tidak perlu panggil tukang untuk ganti lock set.

Potensi masalah dengan kunci pintu digital

Disamping semua keunggulan dan keindahan kunci pintu digital, beberapa masalah bisa saja terjadi. Cermati masalah yang dapat terjadi agar langkah pencegahanf dapat Anda lakukan.

1. Masalah yang disebabkan oleh pengguna

    • Lupa PIN atau kartu tertinggal. Masalah hanya bisa terjadi jika pengguna lupa PIN DAN RFID-nya tertinggal atau mode dual security diaktifkan dimana akses dilakukan dengan memasukkan PIN dan RFID. Walaupun mode dual security ini bisa meningkatkan keamanan, namun sangat tidak disarankan untuk penggunaan di rumah. Selalu simpan RFID cadangan di tempat yang aman. Karena Anda bisa saja daftarkan berbagai kartu yang dilengkapi RFID, maka daftarkanlah kartu-kartu tersebut dan simpan di tempat yang aman yang hanya Anda yang tahu.
    • Mengabaikan alarm batre habis. Kelalaian ini dapat menyebabkan kunci pintu tidak beroperasi secara normal. Dalam situasi seperti ini, Anda harus membeli batre 9V dan melekatkannya di terminal yang terdapat pada outdoor unit.Emergency-BT
    • Dalam jangkauan anak-anak. Instalasi dalam jangkauan anak-anak dapat menyebabkan alarm bunyi dan akses menjadi tertunda. Tunggu hingga kunci dapat di akses lagi dan masukkan PIN yang benar. Baiknya instalasi alat ditempatkan setidaknya 1.4m dari permukaan tanah.

2. Masalah kegagalan pada alat

    • Input sensor error. Walaupun kunci pintu digital dirancang sangat kokoh, namun kegagalan manufakturing tetap saja mungkin terjadi. Sistem akses pada kunci pintu digital dirancang redundant antar sensornya, sehingga jika sensor RFID-nya mengalami masalah maka besar kemungkinan PIN masih dapat bekerja dengan baik. Untuk produk dengan kunci mekanikal seperti Epic ES-809L masih bisa digunakan dalam situasi seperti ini. Pastikan Anda ingat dimana tombol resetnya dan cobalah reset alatnya jika keduanya tidak dapat diakses.
    • Mekanik kunci tersangkut. Ini dapat terjadi karena pintu memuai akibat perubahan cuaca atau kondisi instalasi yang kurang sempurna. Dalam situasi seperti ini, kunci pintu akan terus mencoba untuk bergerak (membuka ataupun mengunci) dan sebaiknya Anda bantu dengan menekan atau menarik pintunya. Dalam kondisi normal, jangan pernah menahan pintunya saat proses penguncian atau pembukaan berlangsung. Studi reliability yang dilakukan oleh Epic untuk produk kunci digitalnya sudah mencapai lebih dari 370.000 kali buka dan kunci tanpa kegagalan.